Realme 3 Pro Smartphone Flagship untuk Anak Muda

Realme 3 Pro Smartphone Flagship untuk Anak Muda

Desain keren, kamera powerful dan masa pakai baterai yang panjang dengan isi ulang cepat adalah tiga keunggulan utama ponsel flagship anak muda ini.

Sebagai merek baru, pencapaian realme di pasar Indonesia cukup mengagetkan. Betapa tidak, sejak rilis produk perdana seri realme 2 hingga realme 3 laris manis di pasar. Bahkan untuk yang realme 3 berhasil memecahkan rekor penjualan sebanyak 21 ribu unit. Kini, produsen smartphone tersebut merilis varian baru yang lebih powerful yaitu realme 3 Pro.

Realme menyebut, produk terbarunya ini sebagai smartphone flagship untuk anak muda dengan #KecepatanNgebut. Bukan tanpa alasan, karena realme 3 Pro merupakan smartphone pilihan terbaik dalam rentang harga Rp 3 juta dengan pengalaman performa layaknya produk flagship yang membidik pasar anak muda di Indonesia.

Nah, daripada penasaran seperti apa, yuk simak review realme 3 pro berikut ini.

DESAIN

“Kecepatan” menjadi key message dari hadirnya realme 3 Pro. Ternyata ini tak hanya terkait dalam hal performa saja, tapi juga dimulai sejak perancangan desain. Berbicara mengenai kecepatan, perhatian biasanya tertuju ke mobil balap. Itulah yang kemudian menjadi dasar para desainer realme yang merancang produk ini dengan elemen campuran trek sirkuit Le Mans di Prancis.

Konsep tersebut diterapkan pada casing bagian belakang yang menghasilkan Efek Light Grating berbentuk S yang unik dengan memanfaatkan pantulan cahaya dan pembiasan. Pola berbentuk S ini menyerupai chicane paling menantang dan menarik dalam balap.  Selanjutnya menggunakan pendekatan dualitas pola pengerjaan cahaya yang lebih maju yang menampilkan pola kisi-kisi dengan efek visual berlipat ganda.

Di Indonesia, realme 3 Pro tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Lightning Purple dan Nitro Blue yang secara kreatif mengadopsi colorway gradient miring. Menghasilkan kombinasi pola, efek cahaya kisi, efek warna gradien dan efek visual yang konsisten.

Dalam hal material, realme 3 Pro memakai bahan pelat komposit plastik optik 3D yang membuatnya bisa lebih tipis dengan sentuhan yang lebih baik, bobot yang lebih ringan, dan ketahanan yang lebih baik. Keseluruhan desain ini membuat penampilan realme 3 tidak hanya keren, tetapi juga unik.

LAYAR

Pada bagian layar ini, tidak ada perbedaan signifikan dibanding varian realme 3. Ponsel ini masih menganut desain layar dewdrop atau waterdrop dengan poni yang mungil di atas layar. Poni tersebut tempat untuk menaruh kamera depan, sensor cahaya, dan sensor jarak.

Receiver ponsel dengan desain transmisi kanal suara baru juga diintegrasikan ke dalam “dewdrop” kecil yang tertanam di bagian atas layar. Upaya- upaya ini berhasil menemukan keseimbangan antara produksi massal, rasio screen-to-bodyyang tinggi, serta fungsionalitas. Selain itu, layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang lebih tahan.

Dengan layar berukuran 6,3 inci dan bezel lebar 1,55mm, realme 3 Pro menawarkan rasio screen-to-body 90,8%. Hal ini membuat tampilan lebih lebar dan mampu menampilkan informasi yang lebih efisien. Serta pengalaman visual yang imersif saat melihat gambar dan menonton video.  Respon layar sentuhnya pun bagus, nyaman dipakai untuk mengetik pada keyboard virtual.

KAMERA

Kamera adalah fitur yang paling menarik perhatian di realme 3 Pro. Betapa tidak, dengan banderol harga Rp3 jutaan, ponsel ini dibekali dengan fitur dan kemampuan kamera yang mumpuni. Bahkan jika dibandingkan dengan ponsel yang harganya lebih mahal.

Realme 3 Pro secara signifikan meningkatkan konfigurasi perangkat keras pada pendahulunya. Dual camera di bagian belakang kini merupakan kombinasi  sensor 16MP (Sony IMX519 1/2,6 inci) + kamera sekunder 5MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama adalah 1.22um dan dengan aperture besar f/1.7.

Bagaimana dengan kemampuan kameranya? Tak hanya hardware yang solid, software kameranya pun cukup baik dalam membantu mengolah gambar. Realme 3 Pro dibekali AI scene yang dapat mengenali 16 jenis obyek independen dan 100 kombinasi scene yang secara otomatis memilih strategi pencahayaan terbaik untuk dynamic range dan rasio kontras yang lebih baik. Mode pemotretan yang tepat kemudian dicocokkan dan disesuaikan untuk menghadirkan persepsi keseluruhan gambar yang lebih baik.

Ponsel ini juga mendukung pengambilan gambar ultra HD yang menghasilkan resolusi 64MP berkat teknologi sintesis multi-frame. Dan sebagaimana di seri realme 3, kameranya telah dibekali fitur unggulan Nightscape dan Chroma Boost.

Kualitas gambar Nightscape diperbaru di sini. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame, dan algoritma anti-shake, mode Nightscape secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Mode Nightscape meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup ekstrem, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi kurang cahaya.

Begitupun dengan  mode Chrome Boost yang ditingkatkan. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan dynamic range yang lebih besar, dengan detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, serta eksposur yang lebih seimbang. Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik.

Nah, ada satu yang berbeda yakni tambahan fitur gerak lambat. Buka hanya gerak lambat biasa, melainkan super slow motion dengan pengambilan gambar video 960fps/720P. Fitur ini sebelumnya hanya ada di smartphone flagship seperti Galaxy Note9, Galaxy S10, Huawei Mate 20, dan sebagainya yang memperlambat momen indah dalam hidup agar lebih menyenangkan. Bahkan di OPPO sekalipun, yang merupakan orang tua dari realme – fitur tersebut belum diadopsi.

Semua itu tak lepas dari penggunaan sensor flagship Sony IMX519 yang dikenal tangguh. Sensor ini juga telah dipakai sejumlah smartphone papan atas seperti OnePlus 6T, Oppo Find X, Oppo 15 Pro, dan sebagainya.

Kamera Selfie

Sementara itu untuk kamera depan kualitasnya juga ditingkatkan ke resolusi 25M. Sensor kamera selfie ini memiliki aperture besar f/2.0, ukuran sensor 1/2,8 inci, dan mendukung sintesis 4-in-1 piksel dengan ukuran piksel 1,8um. Selfie yang diambil dengan realme 3 Pro dapat menghasilkan kualitas foto lebih baik dalam hal eksposur, restorasi detail, dan presentasi warna.

Untuk kamera depan, telah dibekali dengan sejumlah fitur seperti AI Beauty, Beautify, dan Portrait 2.0. Untuk AI Beauty ini, realme 3 Pro mengadopsi menggunakan algoritma SelfiePro realme U1 yang secara tepat dapat mengembalikan detail kualitas kulit, mata, dan rambut melalui 296 titik identifikasi wajah.

Kemudian untuk mode Beautify yang bisa mendukung rup selfie bisa membedakan gender sehingga yang cowok tidak terlihat cantik, tapi ganteng. Realme 3 Pro menawarkan mode kecantikan selfie grup yang menampilkan algoritma yang secara otomatis mengidentifikasi jenis kelamin dalam foto yang sama untuk menerapkan

Selanjutnya pada mode Portrait 2.0 meningkatkan efek pencahayaan dan filter mode potret didasarkan pada analisis intensif data tentang tren pandangan estetika orang dan mempelajari banyak hal foto yang diambil dengan kamera selfie. Secara fungsional, kamera depan realme 3 Pro menyediakan 5 mode potret canggih khusus yang paling banyak diterapkan dan paling berkelanjutan, selain fitur kecantikan dan bokeh yang cerdas.

Sampel Foto Kamera Realme 3 Pro

Chipset

Realme 3 Pro diperkuat oleh chipset Snapdragon 710 yang diproduksi dalam fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo. Kehadiran GPU Adreno 616 menjamin rasa visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien dan canggih.

Mesin AI multi-core Qualcomm yang dirancang dengan cermat dua kali lebih kuat dari kinerja mesin AI sebelumnya. Modem Snapdragon X15 membantu mengunduh file lebih cepat.

Baterai

Soal baterai, realme 3 Pro terbilang spesial. realme 3 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4045mAh, lebih unggul dari model pesaing dalam kisaran harga yang sama. Masa pakai baterai yang panjang memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel lebih lama dibandingkan pesaing.

realme 3 Pro mengusung teknologi pengisian daya VOOC 3.0 baru. VOOC 3.0 realme 3 Pro dua kali lebih kuat dalam pengisian daya daripada yang digunakan pada realme 2 Pro, pendahulunya. Baterai 4.045mAh dapat diisi hingga 50% dalam 30 menit, dan 100% dalam 80 menit.

Kesimpulan

Pantas rasanya jika realme 3 Pro disebut sebagai smartphone flagsip paling worth saat ini. Dengan baterai besar dan mode Nightscape membuat realme 3 Pro tampak sebagai smartphone paket lengkap yang tak bisa dihindari.

Spesifikasi Realme 3 Pro

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka Color OS 6
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 710 AIE SDM710 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 360 Gold 2,2GHz dan quad-core Kryo 360 Silver 1,7GHz
  • Grafis Adreno 616
  • Kamera belakang ganda 16 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor) dengan sensor Sony IMX519 1/2.6 inci 1.22um piksel, enam elemen lensa aperture f/1.7, phase-detection autofokus, LED flash
  • Kamera depan 25 megapiksel fixed focus dengan sensor Sony IMX576 1/2.8 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/2.0, AI beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel LTPS IPS, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 4GB atau 6GB, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.8 x 74.2 x 8.3 mm berat 172 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4045mAh, non-removab, VOOC 20W fast charge
  • Warna Carbon Gray, Nitro Blue, dan Lightning Purple

Buat kamu yang ingin memiliki Smartphone ini klik tombol di bawah ya, BURUAN!! jangan sampai kehabisan.

 

Harga : Rp. 3,200,000

  • Layar : 6.3 Inch
  • Processor : Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm) Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • Sistem Operasi : Android 9.0 (Pie)
  • Kamera belakang 16 & 5 MP, kamera depan 25 MP
  • Baterai : 4050 mA

informasi di ambil dari berbagai sumber.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *